Promosi Kawasan Wisata Kuliner Tempat Pelelangan Ikan Lappa Melalui Media Sosial Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan

Anhar, Riska (2020) Promosi Kawasan Wisata Kuliner Tempat Pelelangan Ikan Lappa Melalui Media Sosial Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan. Diploma thesis, Politeknik Pariwisata Makassar.

[img] Text
RISKA ANHAR TUGAS AKHIR ABSTRAK OK.pdf

Download (182kB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk menjadikan sosial media sebagai promosi wisata optimal di Kawasan Wisata Kuliner Tempat Pelelangan Ikan Lappa Kabupaten Sinjai Sulawesi Selatan dengan menjawab rumusan masalah yaitu pemanfaatan media sosial sebagai alat promosi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai serta strategi yang akan dilakukan dalam mempromosikan Kawasan Wisata Kuliner Tempat Pelelangan Ikan Lappa. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang dilakukan diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penulisan inimenunjukkan bahwa promosi melalui media sosial cukup berpengaruh dalam menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Kawasan Wisata Kuliner Tempat Pelelangan Ikan. Promosi yang dilakukan melalui media sosial facebook dan instagram menggunakan akun official Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, akan tetapi promosi yang dilakukan pihak terkait seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai, komunitas, pemilik usaha warung makan dan Pengunjung masih kurang efektif sehingga memerlukan akun khusus untuk mengoptimalkan promosi wisata kuliner di Kabupaten Sinjai melalui berbagai jenis media sosial yang terfokus pada informasi tentang Kawasan Wisata Kuliner Tempat Pelelangan IKan Lappa dan memudahkan pengguna media sosial dalam mencari informasi yang dibutuhkan serta melakukan pembaharuan informasi sehingga informasi yang diberikan aktual, faktual dan lengkap. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan daya tarik wisata ini sehingga banyak pengguna media sosial tertarik untuk berkunjung. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai diharapkan menggunakan media sosial lainnya seperti twitter, whatsapp, telegram, line dan youtube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Prodi DPA Dewi Pratiwi Azis
Date Deposited: 10 Feb 2022 23:12
Last Modified: 10 Feb 2022 23:12
URI: http://repository.poltekparmakassar.ac.id/id/eprint/323

Actions (login required)

View Item View Item