PENELITIAN - MAKANAN TRADISIONAL SEBAGAI POTENSI DAYA TARIK WISATA DI PROVINSI SULAWESI SELATAN

Suni, Muhadjir and suni, Muhadjir PENELITIAN - MAKANAN TRADISIONAL SEBAGAI POTENSI DAYA TARIK WISATA DI PROVINSI SULAWESI SELATAN. POLITEKNIK PARIWISATA MAKASSAR. (Submitted)

[img] Text
Jurnal - Makanan Tradisional Sebagai Potensi Daya Tarik Wisata Di Provinsi Sulawesi Selatan (Hasil Penelitian).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian berjudul " Makanan Tradisional Sebagai Daya Tarik Wisata Di Provinsi Sulawesi Selatan" ini membahas tentang masalah Makanan Tradisional jajanan Hotel dan Restoran di daerah-daerah kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan dan menjadi identitas masyarakat Sulawesi Selatan dengan metode penyusunan menu seperti melalui; daftar Menu / Makanan, Bahan Baku, Cara Pengangkutan, Penyimpanan, Pengolahan dan upaya-upaya dalam pengembangarmya sebagai potensi daya tarik wisata di Provinsi Siilawesi Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data tersebut dianalisis dengan mengklasifikasi jenis makanan tradisional serta menyusun metode penanganan menu tradisional dan memberi gambaran upaya yang dilakukan pihak hotel dan restoran. Dari hasil penelitian diketahui bahwa di Provinsi Sulawesi Selatan dengan empat kabupaten dan kota terdapat 70 Jenis makanan tradisional dengan 10 jenis makanan tradisional yang terfavorit diminati oleh wisatan. Metode penyusunan menu yang melalui daflar menu / makanan kurang komunikatif, bahan baku kurang bervariasi, cara pengangkutan yang tidak mengikuti prinsip pengangkutan yang benar, penyimpanan yang tidak memperhatikan prinsip hygiene dan sanitasi, pengolahan yang tidak memenuhi syarat seperti; tidak memiliki label dan pengawasan pengaturan zat pewama yang tidak terkontrol. Makanan tradisional yang dikembangkanpim oleh hotel dan restoran hanya mengandalkan prodak dan modal saja, sehingga popularitas pengembangan makanan tradisonal khas Sulawesi Selatan belum optimal sehingga ditawarkan beberapa strategi pola perencanaan pemasaran bisnis makanan tradisioanl selain dari kualitas prodak dan modal yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran yang menggabungkan metode periklanan tradisional, pemasaran online, pemasaran langsung dan memimpin pembeli serta dapat pula bereksperimen dengan bentuk-bentuk pemasaran 'dari mulut ke mulut. Kata kunci: Makanan Tradisional, Jenis, Metode penyusunan, pengembangan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Prodi MTB Ahmad Jayadi
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:49
Last Modified: 18 Jan 2023 03:49
URI: http://repository.poltekparmakassar.ac.id/id/eprint/582

Actions (login required)

View Item View Item