Renold, Renold and Eppang, Buntu Marannu and Darmayasa, Darmayasa and JAMALUDDIN, MUHAMMAD ARYA (2023) Transformasi Museum Kota Makassar Melalui Pengembangan Aktivitas Interpretasi Berbasis Edukasi. Transformasi Museum Kota Makassar Melalui Pengembangan Aktivitas Interpretasi Berbasis Edukasi, 4 (2). pp. 395-423. ISSN 2721-2106, DOI: 10.37411
Text
Artikel 2023 Transformasi Museum Kota Makassar.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap potensi daya tarik wisata yang terdapat di museum kota di Kota Makassar dan mengembangkan aktivitas interpretasi yang menarik di dalamnya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi, dengan menggunakan metode R&D (Research and Development) berdasarkan model pengembangan yang diusulkan oleh Sugiyono. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya program aktivitas interpretasi berbasis edukasi yang disusun berdasarkan rekomendasi dari pihak Pengelola Museum Kota Makassar, dengan fokus pada penyajian informasi melalui storytelling yang menarik serta aktivitas permainan yang sesuai dengan daya tarik wisata yang dimiliki oleh museum tersebut. Diharapkan bahwa produk interpretasi ini akan menjadi acuan bagi pelaku industri pariwisata yang ingin mengemas program aktivitas interpretasi berbasis edukasi yang menyenangkan di Museum Kota Makassar, sehingga dapat memperkaya pengalaman wisata budaya bagi pengunjung.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Museum Kota makassar, Aktivitas Interpretasi, Pengembangan, Edukasi, Potensi Daya Tarik Wisata. |
Subjects: | A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) D History General and Old World > D History (General) G Geography. Anthropology. Recreation > GT Manners and customs G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure |
Depositing User: | Admin Prodi DEP Sri Wahyuni |
Date Deposited: | 06 Jul 2024 08:15 |
Last Modified: | 06 Jul 2024 08:15 |
URI: | http://repository.poltekparmakassar.ac.id/id/eprint/718 |
Actions (login required)
View Item |