STARTEGI PEMASARAN PARIWISATA HALAL DI INDONESIA

said, Farid and Hanafi, Hamsu and Saufi, Akhmad and salam, Rudi and Hizmi, Surayyal and Hali, Muhammad sultan (2019) STARTEGI PEMASARAN PARIWISATA HALAL DI INDONESIA. Politeknik Pariwisata Lombok.

[img] Text
LAPORAN PENELITIAN INSTITUSI 1 TAHUN (2019).pdf

Download (30MB)

Abstract

Pariwisata halal adalah suatu pola pelayanan tambahan terhadap konsumen muslim yang melakukan perjalanan wisata ke destinasi pariwisata, baik ke negara mayoritas muslim maupun non muslim, dengan demikian tuan rumah yang akan melayani wisatawan muslim sudah selayaknya mempersiapkan Amenitas, Aksesibilitas, Atraksi, Awarness dan Affiliation sesuai kebutuhan mereka, karena tingkat kebutuhan wisatawan muslim terhadap indikator diatas cukup tinggi. Dewasa ini seluruh destinasi pariwisata dunia memperkuat daya saing agar seluruh pasar wisatawan dapat diraih sesuai kebutuhan wisatawan seperti pengemasan paket pariwisata halal, ditunjang dengan paradigma pariwisata kekinian menerapkan pariwisata bertanggung jawab, berkelanjutan, ketenangan dan spritualitas, hal ini sejalan dengan bunyi pasal 1 Global Code of Ethic for Tourism. Konsep pariwisata halal adalah salah satu wujud penerapan kearifan lokal yang diperknalkan oleh masyarakat dan pemangku kepentingan di Nusa Tenggara Barat, sekaligus membentuk pembeda dari destinasi pariwisata lainnya di Indonesia yang juga disambut baik oleh kementerian pariwisata Republik Indonesia. Olehnya itu diperlukan strategi pemasaran pariwisata halal untuk meraih pasar muslim dilakukan sesuai produk wisata berbasis kearifan lokal, tanpa mengabaikan kebutuhan pasar konvensional. Untuk meraih 30 persen dari wisatawan muslim dunia ditahun ini ke Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat sebagai daerah tujuan wisata halal pertama di Indonesia, dan utamanya wisatawan domestik yang mayoritas muslim, maka diperlukan penguatan tiga aspek yakni komitmen shareholder dan stakeholder, memiliki produk pariwisata halal yang berbeda, melakukan promosi terintegrasi dengan instansi dan daerah tujuan wisata halal lainnya di Indonesia

Item Type: Other
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
Depositing User: Admin Prodi DPA Dewi Pratiwi Azis
Date Deposited: 22 Feb 2022 06:11
Last Modified: 22 Feb 2022 06:11
URI: http://repository.poltekparmakassar.ac.id/id/eprint/426

Actions (login required)

View Item View Item